Kamis, 31 Maret 2011

Client Tanpa Harddisk


Client Tanpa Harddisk

Thumbnail image
"A thin client (kadang-kadang juga disebut klien kurus ataulangsing) adalah komputer klien atau perangkat lunak klien dalam jaringan arsitektur client-server yang tergantung terutama padaserver pusat untuk kegiatan pengolahan, dan terutama berfokuspada menyampaikan input dan output antara pengguna dan serverjauh. "

"A thin client (sometimes also called a lean or slim client) is a client computer or client software in client-server architecture networks which depends primarily on the central server for processing activities, and mainly focuses on conveying input and output between the user and the remote server."







Thin Client PC adalah suatu Network Computer tanpa hard disk, serta tanpa aplikasi yang terinstall di dalamnya. Thin Client PC dirancang dengan sedemikian rupa untuk memudahkan didalam proses installasi. Thin Client PC sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan yang banyak menggunakan komputer sebagai tools untuk entry data, browsing Internet, checking email, dan lain sebagainya. Thin Client PC yang diproduksi oleh PowerGEN mendukung beberapa port standar yang terdapat pada komputer pada umumnya, diantaranya adalah port USB, Printer, Audio, VGA, dan LAN.

Kelebihan Thin Client PC
Dengan menggunakan Thin Client PC, perusahaan dapat memantau kerja dari setiap karyawan yang menggunakan komputer, Thin Client PC dapat di-remote dan di-shared tanpa sepengetahuan oleh pemakai tersebut.
Bila ditinjau dari sisi security, sudah jelas Thin Client PC lebih powerful, sebab keamanan data perusahaan dapat terjamin, serta mampu menghadapi tantangan serangan virus, proses installasi aplikasi yang mudah dan cepat, pengaturan hak pengguna tanpa harus datang ketempat user, serta biaya perawatan hardware dan software yang relatif murah.
Dari sudut pandang legalitas, Thin Client PC produk PowerGEN menggunakan konsep RDP (Remote Desktop Protocol), CITRIX Metaframe. Sehingga setiap server harus diinstal aplikasi Windows Terminal Application, namun tidak perlu menginstallasi sistem operasi apa pun pada setiap komputer Thin Client PC, dengan demikian biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan pun dapat ditekan dengan sedemikian rupa. Windows Terminal yang banyak dijual dipasaran yaitu: Microsoft Windows Terminal Server, Thinsoft Winconnect XP Server, Thin Manager, Citrix Metaframe, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More