Minggu, 27 Maret 2011

Pengertian Paket Sniffer

Apa yang Dimaksud Pakety Sniffer

Sebuah sniffer paket merupakan perangkat atau program yang memungkinkan menguping pada lalu lintas perjalanan antar komputer jaringan. The packet sniffer akan menangkap data yang ditujukan ke mesin lain, menyimpannya untuk analisis nanti.

Semua informasi yang bergerak di seluruh jaringan dikirimkan dalam "paket." Sebagai contoh, ketika email dikirim dari satu komputer ke komputer lain, pertama-tama dipecah menjadi segmen yang lebih kecil. Setiap segmen memiliki alamat tujuan terpasang, alamat sumber, dan informasi lain seperti jumlah paket dan ketertiban reassembly. Setelah mereka tiba di tempat tujuan, header paket dan footer yang dilucuti, dan paket kembali.

Dalam contoh jaringan sederhana di mana komputer berbagi kawat Ethernet, semua paket yang perjalanan antara berbagai komputer yang "dilihat" oleh setiap komputer di jaringan. Sebuah siaran setiap hub paket untuk setiap mesin atau node pada jaringan, maka filter pada setiap komputer membuang paket tidak ditujukan untuk itu. Sebuah packet sniffer Menonaktifkan filter ini untuk menangkap dan menganalis beberapa atau semua paket yang lewat melalui kabel ethernet, tergantung pada konfigurasi sniffer itu. Hal ini disebut sebagai mode "promiscuous." Oleh karena itu, jika Ms Wise pada Komputer A mengirim email ke Mr Geek di Komputer B, sebuah packet sniffer dibentuk di Komputer D pasif dapat menangkap paket komunikasi mereka tanpa baik Wise Ms atau Mr Geek mengetahui. Jenis packet sniffer sangat sulit dideteksi karena tidak menghasilkan lalu lintas sendiri.

Lingkungan sedikit lebih aman adalah jaringan Ethernet diaktifkan.
Daripada hub pusat yang siaran semua lalu lintas pada jaringan untuk semua mesin, bertindak saklar seperti switchboard pusat. Ini menerima paket langsung dari komputer berasal, dan mengirimkannya langsung ke mesin yang mereka ditangani. Dalam skenario ini, jika Komputer A mengirim email ke Komputer B, dan Komputer D dalam mode promiscuous, tetap saja tidak akan melihat paket. Oleh karena itu, beberapa orang keliru menganggap packet sniffer tidak dapat digunakan pada jaringan diaktifkan.

Tapi ada cara untuk hack protokol switch. Prosedur yang disebut ARP keracunan pada dasarnya bodoh saklar untuk mengganti mesin dengan packet sniffer untuk mesin tujuan. Setelah mengambil data, paket dapat dikirim ke tujuan yang nyata. Teknik lainnya adalah banjir saklar dengan MAC (jaringan) sehingga alamat default beralih ke mode "failopen". Dalam mode ini mulai berperilaku seperti sebuah hub, transmisi semua paket ke semua mesin untuk memastikan lalu lintas melintasi. Baik ARP poisoning dan banjir MAC menghasilkan tanda tangan lalu lintas yang dapat dideteksi oleh program deteksi packet sniffer.
Packet Sniffer
Network Analyzer
Protokol Analyzer
Jaringan Packet Sniffers
Wireless Packet Sniffers
Paket Sniffers
Jaringan Packet Analyzer

Sebuah packet sniffer juga bisa digunakan pada Internet untuk menangkap data perjalanan antar komputer. paket internet sering memiliki jarak yang sangat lama untuk melakukan perjalanan, melewati beberapa router yang berfungsi seperti kantor pos menengah. Sebuah packet sniffer bisa dipasang pada setiap titik di sepanjang jalan. Bisa juga secara sembunyi-sembunyi diinstal pada sebuah server yang bertindak sebagai gateway atau mengumpulkan informasi pribadi penting.

Sebuah packet sniffer bukan hanya alat hacker. Hal ini dapat digunakan untuk troubleshooting jaringan dan tujuan bermanfaat lainnya. Namun, di tangan yang salah, sniffer paket dapat menangkap informasi pribadi sensitif yang dapat menyebabkan pelanggaran privasi, pencurian identitas, dan eventualities serius lainnya.

Pertahanan terbaik terhadap paket sniffer adalah pelanggaran baik: enkripsi.
Ketika enkripsi kuat digunakan, semua paket yang tidak terbaca untuk setiap tetapi alamat tujuan, membuat paket sniffer berguna. Mereka masih dapat menangkap paket, tetapi isinya akan undecipherable. Hal ini menggambarkan mengapa sangat penting untuk menggunakan situs aman untuk mengirim dan menerima informasi pribadi, seperti nama, alamat, password, dan tentunya informasi kartu kredit atau data sensitif lainnya. Sebuah situs web yang menggunakan enkripsi dimulai dengan https. Email dapat dibuat aman dengan enkripsi dengan program seperti PGP (Pretty Good Privacy), yang datang dengan mulus plug-in untuk semua program email utama.




0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More