Minggu, 03 April 2011

Harddisk BerkapasitasYottabytes

 Harddisk BerkapasitasYottabytes


Baru-baru ini NSA (National Security Agency) atau Badan Keamanan Nasional milik pemerintah Amerika Serikat, dilaporkan sedang membangun sebuah ruangan seluas 92.903 m2 sebagai tempat penyimpanan atau hardisk dengan biaya sekitar 2 milyar dollar.
Rencananya tempat tersebut nantinya mampu menyimpan data sebesar 1 Yottabytes yang diprediksi akan terealisasi pada tahun 2015.
Pasti anda baru mendengar istilah Yottabytes,  samaseperti saya. Paling banter yang biasa kita tau itu untuk kapasitas hardisk kalo ga gigabytes ya terabytes. Nah, pasti banyak yang nanya berapa besar sih 1 Yottabytes itu? mari kita berhitung..hehe.

Berikut perhitungannya:
– 1.000 Gigabytes (GB) = 1 Terabytes (TB)
– 1.000 Terabytes (TB) = 1 Petabytes (PB)
– 1.000 Petabytes (PB) = 1 exabytes
– 1.000 Exabytes = 1 Zettabyte
– 1.000 Zettabytes = 1 Yottabytes
Jadi, kalo kita kalkulasikan 1 Yottabytes itu setara dengan 1 Trilyun GigaBytes. Sebuah angka yang fantastis untuk sebuah tempat penyimpanan data. Bayangkan dengan jumlah segitu besar mungkin semua data diseluruh dunia bisa tertampung disana. Hal ini wajar mengingat NSA menggunakan teknologi-teknologi canggih & banyaknya data-data penting milik AS yang harus mereka kelola sehingga membutuhkan space yang tidak sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More